Sifat-sifat Huruf


Salam Perjuangan…


صِفَاتُ الحُرُوفِ
(SIFAT-SIFAT HURUF)

Setelah mempelajari Makharijul huruf, belumlah cukup jika tidak dilanjutkan dengan mempelajari sifat-sifat huruf. Karena sangat mungkin, seseorang dapat mengucapkan huruf ب (ba’) pada lafad لََهَبٍ وَتَبَّ dengan tepat sebagaimana makhrajnya, namun bacaan tersebut belum bisa dikatakan benar dan sempurna, sehingga harus di ucapkan sesuai dengan salah satu sifatnya, yaitu qalqalah.

Oleh karena itu, tujuan utama mempelajari sifat-sifat huruf adalah agar setiap huruf yang kita ucapkan, sesuai dengan hurufnya baik tempat maupun sifatnya.

Sifat-sifat huruf terbagi menjadi dua bagian:

1. Sifat Yang Memiliki Lawan

a. Al Hams x Al Jahr
b. Asy Siddyah x Ar Rakhwah
c. Al Isti’la’ x Al Istifal
d. Al Ithbaq x Al Infitah
e. Al Idzlaq x Al Ishmat

2. Sifat Yang Tidak Memiliki Lawan

a. Ash Shafir
b. Al Qalqalah
c. Al Lien
d. Al Inhiraf
e. At Takrir
f. At Tafasyi
g. Al Istithalah

SIFAT YANG MEMILIKI LAWAN

1. Segi Nafas:

a. الهَمْسُ (Al Hams), artinya keluarnya nafas ketika membaca huruf-huruf yang mempunyai sifat Al Hams. Hurufnya ada sepuluh (10) yaitu:
ف – ح – ث – هـ – ش – خ – ص – س – ك – ت atau terangkum dalam kalimat فَحَثَّهُ شَخْصٌ سَكَتْ

Kebalikan dari Al Hams adalah Al Jahr

b. الجَهْرُ (Al Jahr) yaitu menahan nafas ketika membaca huruf-huruf yang bersifat Al Jahr. Huruf-hurufnya ada delapan belas (18), atau selain hurufnya Al Hams. Yaitu :
ع – ظ – م – و- ز- ن – ق – ا- ر- ء- ذ- ي- غ – ض – ج – د- ط – ل – ب atau terangkum dalam kalimat عَظُمَ وَزْنَ قَارِئٍ ذِيْ غَضَّ جَدَّ طَلَبِ

2. Segi Suara:

a. الشِّدَّةُ (Asy Syiddah), artinya tertahannya suara ketika membaca huruf-huruf yang mempunyai sifat Asy Syiddah. Hurufnya ada delapan (8), yaitu;
أ – ج – د- ق- ط- ب – ك- ت Atau dalam kalimat; أَجِدْ قَطٍ بَكَتْ

Kebalikan dari Asy Syiddah adalah Ar Rakhwah

b. الرَّخْوَةُ (Ar Rakhwah) yaitu terlepas atau keluarnya suara ketika membaca huruf-hurufnya. Hurufnya ada lima belas (15), atau selain hurufnya Asy Syiddah. Yaitu:
خ – ذ – غ – ث – ح – ظ- ف – ض- ش – و – ص – ز- ي – س – هـatau dalam kalimat خُذْغُثَّ حَظٍّ فَضٍّ شَوْصٍ زَيٍّ سَاهٍـ

Keterangan :

Antara sifat Asy Syiddah dengan Ar Rakhwah adalah At Tawassuth, yaitu mengucapkan huruf-hurufnya dengan tidak terlalu ditahan atau terlepaskan (pertengahan antara keduanya). Hurufnya adalah: ل – ن – ع – م – رatau kalimat yang berbunyi: لِنْ عُمَرْ

3. Segi Pangkal Lidah

a. الإِسْتِعْلاَءُ (Al Isti’la’) adalah terangkatnya lidah ke rongga atas ketika mengucapkan huruf-hurufnya. hurufnya ada delapan (8), yaitu :
خ – ص- ض- غ- ط- ق- ر- ظ atau dalam kalimat رُخْصَ ضَغْطٍ قِظْ

Kebalikan dari sifat Al Isti’la’ adalah Al Istifal

b. الإِسْتِـفَالُ (Al Istifal), yaitui posisi lidah menurun. Huruf-hurufnya ada dua puluh (20):
ث – ب – ت – ع – ز – م -ن -ي – ج – و- د- ح-ر – ف- هـ- إ – ذ – س-ل – ش- ك- اatau dalam kalimat ثَبَتَ عَزَّ مَنْ يُجَوِّدُ حَرْ فَهُ إِذْ سَلَّ شَكًّا

4. Lidah dengan Rongga Mulut

a. الإِطْبَاقُ (Al Ithbaq) adalah menempelnya lidah dengan rongga atas ketika mengucapkan huruf-hurufnya. Huruf yang mempunyai sifat Al Ithbaq ada empat (4), yaitu; ص – ض- ط- ظ
Kebalikan dari sifat Al Ithbaq adalah Al Infitah

b. الإِنفِتَاحُ (Al Infitah) adalah terlepasnya lidah dari rongga atas, serta terbukanya kedua bibir. Hurufnya adalah selain huruf-huruf Al Ithbaq, yaitu dua puluh lima (25) huruf :
م – ن – أ- خ – ذ – و – ج – د -س – ع – ة – ف -ز – ك – ح -ق -ل – ه – ش- ر – ب – غ – ي – ث atau مَنْ أَخَذَ وَجَدَ سَعَةً فَزَكَا حَقٌّ لَهُ شَرَبَ غَيْثُ

5. Dari Segi Mudah atau Tidaknya Mengeluarkan Huruf

a. اللإِذْلاَق ُ (Al Idzlaq), adalah mengucapkan huruf dengan mudah, karena posisi makhrajnya berada di ujung lidah atau bibir. Semua huruf yang mempunyai sifat Al Idzlaq ada enam (6);
ف – ر- م- ن- ل- ب atau terangkum dalam kalimat فِرَّ مِنْ لُبٍّ
Lawan dari sifat Al Idzlaq adalah Al Ishmat

b. الإِصْمَاتُ (Al Ishmat) yaitu mengeluarkan huruf Hija’iyyah dengan agak susah atau tertahan. Huruf-hurufnya ada dua puluh dua (22), yaitu:
ج – ز -غ – ش -س – خ – ط – ص – د – ث – ق – ة – إ – ذ -و -ع-ظ- ه – ي- ح – ض – ك atau dalam kalimat جُزَّ غَشَّ سَاخِطٍ صَدَثَقَةً إِذْوَعَظَهُ يَحُضُّكَ

Sumber : Mohd Sabri (sahabat lama)

About these ads

Posted on 3 Februari 2009, in Ilmu and tagged , , . Bookmark the permalink. 7 Komen.

  1. Suatu perkongsian ilmu tajwid yang berfaedah. Semestinya bagi kita yang beragama Islam mempelajari ilmu ini sebagai jalan dalam menyempurnakan bacaan al-Quran kita.

    Sifat-sifat huruf adalah suatu bab yang mesti dipelajari dari segi teori dan praktikalnya. Kerana dengan mempelajarinya, kita akan dapat membezakan sebutan huruf-huruf yang sama dari segi makhrajnya.

  2. Assalamu’alaikm wr. Wb
    setelah membca tulisan anda tntng sifat-sifat huruf, saya yakin anda adalah org yg ahli dlm bidang tajwid,saya ucpkn terimaksh & smga brmanfaat bg kta semua amin !! Tp sbgaimana kta ketahui umat islam itu salng mengingatkn ,, maka dr itu saya ingn mengingatkn kpd anda bhwa huruf ” ra ” bukan trmsk huruf isti’la sebagaimana yg sya pelajari dikitab2 mu’tabar,, emank huruf “ra” ada beberap keadaan yg hrus dbca tafkhim seperti huruf2 isti’la… Terimakasih

  3. tholhah hisyam

    izinkan saya belajar dari tulisan anda, sungguh saya sebagai guru alquran banyak mencari tambahan ilmu dari berbagai sumber. Semoga tulisan anda benar dan mempunyai rujukan. terima kasih.

    • ma’af ustadz, terus terang sampai saat ini saya belum punya tulisan tentang itu, mohon doanya semoga disuatu hari nanti saya diberikan kemudahan oleh Allah swt untuk itu. Saya yang sebenarnya yang lebih pantas untuk belajar sama ustadz. Ok, Disini anggap lah kita saling share, so,setahu saya (wallahu A’lam) ada beberapa kitab rujukan tentang itu seperti kitab Al-Mulakkhash almufid fi ilmi at-tajwid karangan sheikh Muhammad Ma’bad , juga kitab Gayah Al-Murid fi ilmi At-Tajwid karangan Sheikh ‘Athiyah Qobil Nashr , kitab lain Nihayah Al-Qaul Al-Mufid fi ‘ilmi At-Tajwid karangan Sheikh Muhammad Maky Nashr dll…terima kasih ustadz! ditunggu masukannya ya..

  4. Assalaamualaikum. trima kasih bagus skali, saya ijin share

  5. aslm. mf, mau tanya. bedanya isti’la dengan ithbaq? yg dimaksud lidah bgmn ni? bgmn dngn huruf yang makhrojnya adalah tengah lidah menempel langit-langit? trus yg di maksud isti’la sama ithbaq ronganya, ronga yang mn?
    trims, atas perhatiannya, jwb ya, atau kirim k e mail saya y? trims tuk sblmnya,,,

    • Wa’alikumussalam…
      Yg sya ketahui bedanya ist’la dg ithba’ adalah:
      1. isti’la itu terangkatnya sebagian lidah ke arah langit-langit sedangkan ithba’ adalah nempelnya lidah/sebagian lidah ke langit-langit.
      2.Huruf2 yg mmpunyai sifat isti’la dan ithba’ kedua-duanya suaranya tebal, akan tetepi ithba’ lebih tebal dr isti’la.
      3.Huruf yg mempunyai sifat ithba’ pasti dia juga punya sifat isti’la dan tidak sebaliknya(huruf yg pnya sifat isti’la tidak pasti pnya sifat ithba’).
      4.Huruf2 isti’la yaitu : Shad, Dhad, Tha’, Zha’,Qof, Gha’, Kha’. sedangkan Huruf2 ithba’ yaitu : Shad, Dhad, Tha’, Zha’.

      Adapun huruf2 yg yg makhrajnya tengah lidah menempel langit-langit adalah Sya’, Ya’ dan jim. ketiga2 huruf tersebut punya makhraj yang sama.
      Utk pertanyaan yg ketiga mohon diperjelas…
      Wallahu A’lam….
      Wassalam….

Tinggalkan Jawapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Tukar )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Tukar )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Tukar )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,772 other followers

%d bloggers like this: